Langsung ke konten utama

MA HANDMADE : LAMPION BENANG

assalamualaikum warrahmatullahi wabarakaatuuh...

balik lagi cintaahhhh...

barusan aja, nih, gue buka-buka file foto di lappy gue dan menemukan file foto hasil kreativitas gue (walaupun sebenernya ga kreatif-kreatif amat ._.). disana gue nemuin foto lampion dari benang yang sempat gue jadiin usaha kecil-kecilan. buat kado ulang tahun, buat pajangan. macam-macam dah =D

jadi, gue disini pengen berbagi sedikit cara bikin lampion benang, walaupun sebenernya di google juga banyak. cekidot dahhhh....

PERHATIAN!!!
untuk anak usia kurang dari 13 tahun atau belum paham betul tentang instalasi atau merakit perangkat elektrik/listrik, DIHARUSKAN berada dibawah pengamanan dan pengawasan orang tua atau orang berpengalaman/ahli dalam bidang elektrik (?)/

 LAMPION BENANG
made by Ismafr (KGIS)



Alat & Bahan :
  • 1 buah balon, tiup hingga diameter kurang lebih 13 cm
  • 2-3 benang jahit (warna sesuai selera. pada gambar, gue pake warna pink)
  • lem kayu secukupnya (gue pakai merk rajawali karena murah dan ada dapat gratisan sabun :p =D), larutkan dengan sedikit air, hingga kental (jangan sampai terlalu encer)
  • (optional) kain flanel (sesuaikan dengan karakter yang ingin dibuat. misalkan contoh pada gambar di atas, gue pake kain flanel warna hitam, putih, merah, krim, dan baby pink)
  • kuas tembok 1" (gue pilih ukuran 1" karena pas banget, gaterlalu gede, jadi bisa rata meng-apply lemnya nanti)
  • lem uhu secukupnya
  • gunting
  • (optionalcutter
  • 1 buah lampu kecil ukuran 5 watt warna kuning/oranye (karena fungsinya untuk lampu tidur, pastikan gunakan warna yang identik dengan temaram/remang-remang, tapi jelas memancarkan warna dari benang)
  • 1 kap lampu/fitting
  • 1 meter kabel cabang 2
  • 1 buah steker
  • obeng (plus/minus tergantung kap lampu dan steker)

Cara Membuat :


  1. oleskan lem menggunakan kuas pada permukaan balon hingga rata. lilitkan benang pada permukaan balon yang sudah diolesi lem secara acak seperti jaring laba-laba. setelah kira-kira sampai benang telah dililitkan setengahnya, oleskan lagi lem pada permukaan balon hingga rata. lanjutkan terus hingga benang habis. dan lanjutkan serta diulang tahapan tersebut hingga benang kedua dan ketiga habis.
  2. gantung pada tempat yang kering dan tunggu hingga kurang lebih 24 jam.
  3. selagi menunggu bakal lampion kering, kita bisa membuat pola karakter yang kita inginkan menggunakan kain flanel. seperti yang ada di gambar. gue membuat kepala minnie mouse. jadi yang gue perlukan itu telinga minnie mouse warna hitam sebanyak 2 lembar dengan ukuran sama, sebuah pita dari flanel warna baby pink dengan sedikit flanel hitam untuk mengikatnya. untuk mata, gue pakai kain flanel berpola warna krim 2 lembar untuk bagian mata paling gede (di lapisan mata paling bawah), 2 lembar flanel berpola warna putih dengan ukuran sedikit lebih kecil dari warna krim, 2 lembar flanel berpola warna hitam untuk bagian iris mata, plus 2 titik flanel putih untuk memberi kesan pantulan cahaya pada mata. gue juga memberikan 3 pasang bulu mata menggunakan kain flanel warna hitam. untuk hidung, cukup menggunakan selembar kain flanel berpola warna hitam dan sedikit kain flanel warna putih. dan pada bagian mulut, gue menggunakan kain flanel berpola warna krim untuk bagian dasar mulut, 1 lembar kain flanel berpola warna hitam untuk bagian 'dalam' mulut dan 1 lembar kecil kain flanel berpola warna merah untuk lidah.
  4. rakit lampu. mulailah dari memasang stekernya. belah sedikit bagian ujung kabel agar menjadi cabang dua, buka plastik/karet lapisan tembaganya, lalu pasangkan dengan teliti pada steker agar menghindari terjadinya konsleting listrik. dilanjutkan dengan cara serupa untuk memasang bagian kap lampu. pasang lampu untuk mencoba apakah rakitan kalian sudah berfungsi dengan baik atau belum. kalau belum, ulang kembali tahapan, mungkin saja ada kesalahan pada saat merakit. apabila ternyata sudah baik, pastikan untuk tidak terus-terusan menyolokkan pada stop kontak.
  5. setelah dipastikan kering, potong bagian ujung karet (ujung tiupan) menggunakan gunting atau cutter. potong membulat bagian tersebut kurang lebih 3-4 cm. bersihkan bagian balon yang masih menyangkut di bagian dalam lampion. 
  6. tempel pola karakter yang sudah disiapkan menggunakan lem uhu.
  7. pasang pada rakitan lampu dan coba nyalakan
  8. lampion dari benang jahit kalian telah jadi!!!

walau dinilai sedikit ribet, tapi hasilnya gabikin kecewa. bisa dipakai buat jadi hiasan kamar kalian, atau buat kalian yang masih belajar buat tidur dengan lampu mati, lampu ini bisa jadi alternatif supaya kamar kalian ga terlalu gelap.


atau kalian yang pengen punya lampion benang karakter, bisa, kok, pesan sama gue =D tinggal hubungin gue lewat line : @ismafr__ atau line@ : @ovu7985i (fawappstoreline). soal harga? dijamin murah pake banget =D

sekian dulu dari gue.

wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakaatuuh...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

INGIN KU MULAI LAGI!

assalamu'allaikum warrahmatullahi wabarakaatuuh nampaknya ini adalah posting -an pertamaku di tahun 2023. dan aku sangat yakin 100% bahwa tidak akan ada lagi yang membaca selain aku sendiri. tapi ga masalah, karena peruntukkan blog ini bisa saja beralih menjadi buku diary online untukku pribadi. sudah jarak lebih dari satu tahun banget dari postingan terakhir di tahun 2022. menandakan bahwa aku sudah kurang banget peduli dengan blog ini, kurang semangat dalam menulis, dan juga terlalu sibuk. padahal, ya, kalo dirasa-rasa, bisa aja, sih, aku membagi waktu sambil nulis, baca, dan isi kegiatan lain yang lebih bermanfaat daripada scrolling hape terus. sekarang, tuh, rasanya sangat sulit membangun semangat untuk memulai sesuatu dan konsisten terhadapnya. misalnya di case aku adalah kesulitan mengubah pola gaya hidup yang cenderung kurang produktif. diet pengen diet tapi magernya luar biasa. sampai akhirnya, detik ini, aku putuskan untuk sekali lagi dari sekian kalinya juga udah untuk

MA STORY : CONFESSION

assalamuallaikum warrahmatullahi wabarakaatuuh Today, March 26, 2019, I'm going to confess about my feeling to someone who has been, even always filling this heart for a long time. I don't care anymore. I've been hiding it for a long time. I'm very tired of that. I don't even care about my self-respect anymore so that everything can be revealed. I don't care about his feelings, at least he knows mine. I like him- His eyes, how he smiled, and how cute he was. I don't know, if he truly liked me before, so I have feelings to him. I can't be sure, we were both on 5th grade of Elementary School then, who just 11th  years old. we're both just a child. Through his friend, he said he likes me and wanna be my boyfriend. I surprised then, never imagined about having a boyfriend in such as a young age. Instead of rejected him and hurt his feeling, I just said that he had to increase his body height 5 cm higher than before in 2 weeks so

NEW YEAR, (PERHAPS) NEW ME.

 assalamuallaikum warrahmatullahi wabarakaatuuh. akhirnya setelah vakum dari dunia per- blog -an, sekarang bisa kembali lagi disini. lama banget, lebih dari satu tahun. banyak hal yang sudah dilalui selama satu tahun ini. banyak suka dan duka yang dirasakan sepanjang tahun 2021. mungkin bisa dikatagorikan sebagai tahun yang tidak akan terlupakan sepanjang hidupku. seperti yang sudah disampaikan melalui judul postingan ini, new year, new me, perhaps 😅 tahun-tahun lalunya, terlalu banyak resolusi yang pada kenyataannya lebih banyak ga tercapainya, daripada yang tercapainya. bukan berarti aku pesimis, cuman, ya, terlalu sangat bercermin dengan pengalaman sebelumnya. tapi serius. tahun ini rasanya pengen banget ngelakuin banyak perubahan untuk diri ini. terutama pengen banget punya me time yang beneran dipake buat baca buku. terus, untuk bisa beneran nurinin banyak berat badan, karena, ya, capek juga ini kaki bawa beban badan berat banget😂 selain itu, pengen banget buka usaha sendiri. b